Senin, 24 Desember 2012

Action yuk Action !


Water is more important
Tidak bisa dipungkiri, air adalah salah satu sumber kehidupan yang paling penting bagi makhluk hidup, khususnya manusia. Hampir seluruh aktivitas keseharian manusia melibatkan air didalamnya. Mulai dari kebersihan seperti mandi dan mencuci, kesehatan seperti minum, sampai proses pemenuhan kebutuhan pangan, yaitu memasak. Kesemuanya itu menempatkan air sebagai hal utamanya.
Melihat hal demikian, tentu semua akan sepakat jika air merupakan sumber kehidupan yang tidak bisa dihilangkan keberadaannya. Bahkan, hampir semua orang menempatkan air bersih sebagai nomor pertama dalam proses kehidupannya. Tidak akan bisa dibayangkan jika kita hidup tanpa air.

Kelangkaan Air Bersih ?
Namun, ketakutan akan habisnya sumber mata air sepertinya patut kita waspadai. Konsumsi air bersih secara menyeluruh dan terus-menerus tidak menutup kemungkinan akan menghabiskan sumber air bersih di bumi ini. Apalagi seperti kita tahu, konsumsi yang dilakukan tidak dibarengi dengan upaya pelestarian air bersih secara serius. Lihat saja, bagaimana penebangan hutan secara liar dan besar-besaran akan mematikan setiap celah mata air didalam perut bumi. Sirkulasi mata air dari dalam bumi akan terhenti seiring dengan penebangan setiap pohon yang ada. Kemudian, pembangunan gedung-gedung bertingkat nan mewah akan menggeser taman kota yang notabene adalah salah satu upaya untuk melestarikan sumber air didalam perut bumi, terutama di lingkungan perkotaan yang jauh dari hutan lindung. Padahal pohon-pohon tersebut memiliki tajuk dan akar-akar yang berfungsi untuk menyerap air hujan dan menangkap air-air tersebut untuk diresapkan kembali ke dalam tanah.
Dari masyarakat sendiri, kesadaran akan pentingnya melestarikan air bersih kerap menjadi kendala yang cukup serius. Bahkan dari hal yang paling sederhana pun, misalkan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, masih sering diabaikan dan dianggap remeh. Padahal, sampah-sampah yang menumpuk dan tidak dapat diuraikan akan menyebabkan tercemarnya air yang ada di lingkungan tersebut. Akibatnya, air bersih yang seharusnya bisa dikonsumsi berubah menjadi air keruh dan tercemar. Jika hal ini dipaksakan untuk dikonsumsi, maka akan berdampak pada kesehatan masyarakat sendiri, seperti merebaknya penyakit kulit serta masuknya bakteri dan virus dari air yang sudah tercemar tadi.
Hal ini nampaknya sudah dapat kita lihat pada masa sekarang. Kelangkaan air bersih sering kita temui di berbagai daerah di Indonesia. Lihat saja di lingkungan pinggiran, bagaimana masyarakat menggunakan air sungai yang keruh dan coklat untuk mencuci dan mandi bahkan untuk kebutuhan air minum, di lingkungan perkotaan masyarakat hampir sebagian besar sudah tidak menggunakan air tanah sendiri sebagai sumber minum, mereka lebih memilih membeli air kemasan (air galon) untuk dikonsumsi memasak dan minum. Bahkan di beberapa wilayah, kelangkaan itu benar-benar terlihat dengan berbondong-bondongnya masyarakat yang mengambil air bersih dengan berjalan berpuluh-puluh kilometer jauhnya, karena di dekat mereka sudah tidak ada sumber air bersih lagi.

What Can I Do ?
Melihat kenyataan itu, akankah kita masih berdiam diri dan merenung saja tanpa action yang nyata untuk melestarikan sumber air bersih ?! Masih bingung mau berbuat apa dan memulai dari mana ?!
Sebenarnya gampang saja kok..kenapa kita tidak memulai dari hal yang paling sederhana dan dari diri kita sendiri saja. Tanamkan dalam benak kita bahwa penggunaan air secara efektif dan efisien akan sangat membantu upaya pelestarian sumber air bersih lo..misalnya nih, tidak membuang sampah sembarangan dan memanfaatkan air tanah yang ada dengan sebijak mungkin. Yup, karena dengan menggunakan air tanah secara bijak, maka akan memberi kesempatan kepada sumber mata air didalam perut bumi untuk menjalankan siklusnya secara kontinyu, sehingga air bersih pun akan terus terproduksi dan tidak mengalami kekeringan.

Pure It menjawab
Nah, untuk masalah ini, kita patut bangga dong, karena sudah ada produk yang concern dalam upaya pelestarian air bersih. Sudah tentu ini akan sangat membantu kita dalam penggunaan air secara bijak melalui aktivitas minum. Pure it dari Unilever memiliki produk pemurni air yang sangat efektif menjadikan air mentah menjadi air yang layak untuk diminum. Bahkan, dari air yang keruh sekalipun sehingga dapat dikonsumsi menjadi air layak minum.
Saya rasa, ini merupakan kabar gembira untuk kita semua. Produk yang efektif membunuh kuman dan sudah teruji secara klinis dan ketat serta efisien dari segi ekonomi. Kok bisa ? Ya, karena dengan hanya menggunakan pure it, tentu kita akan dapat memangkas biaya kebutuhan air kemasan (air galon) yang biasa kita beli serta biaya listrik dan gas, sebab pure it tidak menggunakan listrik dan gas. Hmm..hebat kan ?! Bukan cuma itu saja, pure it juga punya keunggulan dalam hal kemudahan pemakaiannya, yaitu tak perlu sambungan ke kran atau sumber air, cukup tuangkan air sesuai kapasitas, maka pure it akan bekerja dengan empat langkah teknologinya yakni menghilangkan kotoran melalui serat mikro, menghilangkan parasit dan pestisida berbahaya melalui filter karbon aktif, menghilangkan bakteri dan virus dengan prosesor pembunuh kuman dan teknologi penjernihnya mampu menjernihkan air sehingga tidak berbau dengan rasa yang alami. Setelah itu, air aman dan sehat deh untuk diminum.

Action yuk Action
Yuk kita beraksi mulai dari sekarang. Jangan tunda-tunda lagi. Kita mulai dari diri kita sendiri, hal yang paling sederhana dan paling gampang kita lakukan. Pertama niatkan dulu dan bangkitkan semangat serta kesadaran kita tentang melestarikan air bersih. Selanjutnya, action !
  1. Jangan buang sampah sembarangan agar air tanah tidak tercemar akibat sampah yang tidak bisa terurai
  2. Manfaatkan air dengan sebijak mungkin, sebab hal itu akan memberi kesempatan air untuk bersiklus sehingga air bersih pun akan terus terproduksi
  3. Penghijauan yuk, dengan menanam pepohonan, maka air hujan akan tertangkap dan diserapkan ke dalam tanah oleh akar-akar pohon tersebut sehingga akan bisa menghasilkan air bersih kembali
  4. Berbagi ilmu dan pengetahuan kepada sesama tentang upaya pelestarian air bersih, sehingga otomatis kita juga sudah mengajak mereka untuk action melestarikan air bersih
  5. Gunakan produk pemurni air yang berteknologi tinggi dan sudah diakui kualitasnya dalam menyediakan air bersih layak minum dan sehat. Pure it bisa jadi pilihan yang paling keren dan oke loh !
Percaya deh, dari hal yang terkecil, jika dilakukan dengan penuh kesungguhan dan kesadaran, maka kelak akan menuai manfaat yang luar biasa, bahkan yang tidak pernah kita sangka-sangka. Air bersih nan menyehatkan yang dapat kita konsumsi terutama untuk kita minum bukan lagi impian tapi menjadi harapan yang nyata. So ? Action yuk Action !

Sumber Gambar :
 sakgoni.blogspot.com
pureitwater.com
cybersulut.com
pasopati.sebelas.net
sehat-enak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar