Jumat, 27 April 2012

jujur pada anak

mengajarkan kemandirian pada anak adalah inti dr pendidikan keluarga yg aku dan suamiku terapkan. makna mandiri sendiri sangat luas. bisa berarti sportif dlm persaingan,tegar dlm kesedihan,percaya diri,punya rasa tanggungjawab,religius,dsb
hal pertama yg kami lakukan adl memperlakukan anak sbg manusia yg bisa berpikir dan punya akal. dan semua itu harus mereka optimalkan dengan cara dan bahasa yg mereka pahami sesuai usianya.o
dari sejak bayi, ketika akan meninggalkan mrk drumah unt beraktifitas diluar rumah,aku sll membisikkan kata kata semacam pamit di telinganya,dan aku sll meminta org yg menjaganya untuk mengajaknya ke teras rumah,agar ia tahu bhw bundanya akan pergi unt sementara dan aku melambaikan tangan padanya.meski ia tak bisa menjawab dan membalas lambaianku aku yakin ia mengerti :-) mulanya ia seperti sedih dan ingin menangis,namun kita hrs tega,sebab ini realita,mengajarkan kejujuran,dan mengajarkan anak unt mengutamakan berpamitan pd orgtua saat ia akan pergi.
sekarang anak pertamaku sudah berumur 5 th...dan ia sudah banyak tahu hal. ketika aku akan pergi aku sl l me  njelaskaun dg jujur apa yg kulakukan bahkan alasan mengapa aku hrs meninggalkannya dirumah. amazing aja...dia sangat mengeroti. dan tak lupa aku memberinya  peran saat aku pergi "jagain adek dirumah ya nak..." dg begitu ia merasa menjadi seseorang yg berguna dan merasa dianggap. anak paling senang jika diajak kerjasama dan diberi peran. dan saat aku pulang aku sll menanyakan ttg perannya "gimana maz pasha syg ? gak nangis kan ? daaaaaannn ia akan sangat antusias menceritakan ttg perannya selama aku tinggal heheee...lucu deh. diakhir cerita, seutas pujian dan pelukan adalah hal yg sangat membanggakan dia loh !
jadi aku ngga perlu berbohong untuk bisa pergi bekerja,kuliah,dll dan ga perlu khawatir ia menangis :-)
sedikit tips aja...selama bepergian aku sll berpikir positif ttg anak anak drmh..sebisa mgkn aku enjoy dg aktifitasku dan sesekali menelpon unt menanyakan kbr..krn aku prcaya ikatan batin anak dan ibu itu kuat...artinya jika aku cemas dan kepikiran maka anak jg akan merasakan hal yg sama...jd aku hrs be positif dan berdoa tentu saja.
jgn pernah meremehkan anak anak..mereka adl manusia yg cerdas loh...otaknya akan berkembang pesat hingga usia 5th dan masa masa emas saat ia masih bayi hingga usia 3th..jd ajarilah ia hal hal baik..krn itu akan tersimpan dlm memorinya selamanya dan akan mjadi kebiasaannya kelak..tanpa kita sadari...
anyway...apapun dan bagaimanapun prinsip anda dlm  mengasuh anak,aku yakin pasti itu yg terbaik...so bersyukur dan berbahagialah anda mendapat anugerah anak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar