Sabtu, 19 Maret 2011

Harapan Seorang Bunda Fien,,,

Setiap orangtua menginginkan anaknya menjadi yang terbaik. Menjadi apa yg diharapkan orangtua. Identik dengan pintar di sekolah, selalu juara di ajang perlombaan, atau pandai bergaul dengan sesamanya.

Dulu aku juga berkeinginan seperti itu. Bangga rasanya jika punya anak yang pintar, berprestasi. Tapi kebanggaan itu memudar saat kulihat begitu banyak anak-anak jalanan yang begitu kuat dengan kerasnya kehidupan di jalanan. Ketangguhan itu yang membuatku berpikir bahwa sebenarnya itulah yang harus dimiliki setiap anak, terutama anakku.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Akan jadi apakah anak-anak kita. Tentu harapan dan doa kita menginginkan anak-anak kita menjadi manusia yang sukses dan berhasil. Tapi apakah itu sudah menjadi jaminan bahwa kelak mereka akan seperti apa yang kita selalu harapkan dan doakan ???

Karena itulah aku berpikir bahwa yang anak-anakku butuhkan adalah jiwa yang kuat. Kuat dalam menghadapi segala kondisi dan kenyataan hidup yang kelak mereka terima. Aku ingin mereka selalu tegar dalam segala kondisi, susah maupun senang, berhasil maupun gagal. Maka kupersiapkan itu semua sejak sekarang.

Mental yang kuat akan mengantarkan kebahagiaan dari segala arah. Mental yang kuat juga menjadikan seseorang selalu menjadi manusia yang bersyukur dengan keadaannya, apapun itu, menjauhkan dari rasa berputus asa. Sehingga kebahagiaan itu tetap ada walaupun kesusahan dan kegagalan harus dialami.

Mental yang kuat tercermin dari sikap mandiri. Mandiri itu bisa diciptakan melalui kebiasaan yang diajarkan terus menerus sejak dini. Mengajarkan kemandirian pada anak tentu berbeda-beda antara orangtua. Namun aku yakin tidak ada satu pun orangtua yang menjerumuskan anak-anaknya ke keburukan. Jadi tidak masalah, dengan cara apapun harus ditempuh untuk menciptakan anak yang berkepribadian mandiri.

Seperti halnya anak-anak jalanan. Aku yakin, orangtua mereka pun juga selalu mendoakan yang terbaik untuk mereka. Tetapi ketika kenyataan berkata lain dan tak seindah yang diharapkan, apakah lantas harus disikapi dengan penyesalan dan kekecewaan bertubi-tubi ? yang pada akhirnya menjerumuskan diri pada rasa putus asa ?! tentu tidak demikian...dan ketegaran yang dimiliki anak-anak jalanan itu menjadi pencerahan bagiku, bahwa menciptakan pribadi yang kuat dan tangguh pada diri anakku adalah mutlak harus aku jadikan akar bagi kehidupan anak-anakku kelak.

Buatku prestasi di sekolah maupun dimanapun tak lebih dari hadiah talenta yang Tuhan berikan untuk anak-anak kita. Harus kita syukuri tentunya.

Namun yang terpenting adalah bagaimana mempersiapkan anak agar mereka siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang harus dihadapi. Manis pahit akan terjadi. Dan anak-anak yang mandiri dan memiliki mental kuat dan tangguh yang akan siap dengan kemungkinan-kemungkinan itu semua. Jika berhasil mereka akan memanfaatkan keberhasilan itu untuk hal yang positif, dan jika gagal mereka akan terus bangkit dan berusaha selalu.

Tidak mudah memang, tapi tidak mustahil bukan ?!

Seirampah, 19Maret2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar